Tuesday, November 15, 2011

Vakansi album details

White Shoes & The Couples Company
SIARAN PERS

Halo rekan-rekan semuanya,
Album ke 2 kami akan segera rilis!
Lewat surat ini kami mengabarkan rekan-rekan semua akan adanya acara peluncuran album baru kami yang berjudul “Album Vakansi” pada hari
Rabu tanggal 6 Oktober 2010, jam 16.00 – 18.00 di Galeri Foto Antara, Jalan Antara no. 9, Pasar Baru, Jakarta.

White Shoes & The Couples Company

ALBUM VAKANSI

4 tahun lalu kami terbang ke Bangkok untuk tampil di sebuah festival, Melody Of Life 2006. Ini pertama kalinya saya keluar Indonesia. White Shoes & The Couples Company “menerbangkan” kami ke berbagai dataran di belahan bumi lainnya yang tidak pernah kita tahu sebelumnya. Setelah itu ada festival SXSW 2008 di Austin, Texas, dan CMJ Music Marathon di New York. Saya rasa kebahagiaan akan datang dengan sendirinya apa bila kita menikmati apa yang kita kerjakan. Dan yang paling membahagiakan adalah saya mengalaminya tidak sendirian. Semua suka dan duka yang saya alami sedikit banyak tercatat dalam lirik-lirik lagu dalam Album kedua ini.

Secara pribadi saya bisa mengatakan kami berubah banyak, dari mulai hubungan personal hingga musik yang kami mainkan, hmm.. mungkin “berubah” bukan kata yang pas, kami “berkembang” itu lebih tepat. Tidak dipungkiri relasi personal antar individual didalam WSATCC mempengaruhi banyak dalam proses pendewasaan saya, juga proses pendewasaan dalam bermusik, mungkin juga itu yang dirasakan pada Ricky, Mela , Rio, John & Saleh. Bisa dikatakan, beberapa tahun belakangan ini saya memandang hidup layaknya sebuah vakansi yang panjang, bermain musik, menggambar, melukis mural, bersepeda, keluar kota, bertemu teman-teman baru dan menemukan hal-hal yang begitu luar biasa.


Album Vakansi adalah Koper, Catatan Harian atau Kotak Memori dari pengalaman melalui hari-hari bersama White Shoes & The Couples Company. Catatan pergi ketempat-tempat baru, mengalami hal-hal baru, bekerja sama dengan musisi-musisi legendaris seperti Fariz RM, Riza Arshad dan gitaris jazz, Oele Pattiselanno. Saya selalu menganggap bahwa White Shoes & The Couples Company sangat tropikal, namun jangan lupa kami juga datang dari kota Jakarta yang sarat dengan gemerlap malam, tinggal di Indonesia negara kepulauan yang memiliki berbagai budaya. Dan kembali ke dasar, kami hanya anak muda biasa seperti pada umumnya, hanya dengan sebatang rokok dan mendengarkan playlist dari iPod, kita bisa mengkhayal dan menghabiskan sore hari hanya di dalam kamar atau hanya berjalan kaki ke warung terdekat hanya untuk membeli indomie atau racikan cappucinno instan. Jadi jangan pernah meremehkan kekuatan semangat muda.

Mari saya ceritakan tentang beberapa lagu dalam album baru ini dan kolaborasi yang kami lakukan dengan beberapa seniman hebat diluar White Shoes & The Couples Company.

“Kisah dari Selatan Jakarta”, lagu ini di ciptakan oleh oomleo, khusus untuk White Shoes & The Couples Company. Saya sangat menikmati waktu-waktu “nongkrong” bermain musik dengan oomleo, kami bisa seharian memainkan musik apa saja hanya dengan sebuah gitar akustik namun tidak pernah selesai hingga akhir lagu, kecuali untuk lagu-lagu Ismail Marzuki, kami bisa dibilang fans berat. Lagu ini memiliki pengaruh Ismail Marzuki yang sangat kuat, maka itu White Shoes & The Couples Company dengan senang hati menyertakan lagu ini didalam Album Vakansi.

“Ye Good Ol’ Days”, Lagu ini dibuat oleh Ade Firza Paloh, lead vocal dari band SORE. Suatu hari Ade memperkenalkan lagu ini kepada saya dan teman-teman seusai latihan di sebuah studio dimana banyak band-band dari Aksara Records berkumpul. Ade mengatakan lagu ini sengaja ditulis untuk White Shoes & The Couples Company, karena yang menyanyikan enaknya adalah vokal perempuan, Ade pun memberi kebebasan kepada White Shoes & The Couples Company. Awalnya sepertinya sulit, namun setelah itu kami coba dan kami suka sekali dengan hasilnya.

”Matahari”, Lagu ini pada dasarnya di buat oleh Saleh Husein, gitaris dari White Shoes & The Couples Company, namun liriknya dibuat khusus oleh David Tarigan secara spontan. Lirik ditulis ketika kita akan take vokal didalam studio, proses rekaman yang begitu menyenangkan, karena bernyayi beramai-ramai tanpa beban sama sekali. Saya sengaja menguatkan aksen lokal Indonesia saya ketika berbahasa inggris karena David bilang terdengar lebih eksotis, karena lagu ini inspirasinya dari Indonesia belahan Timur, jadi vokalnya mesti eksotis, seperti layaknya Miriam Makeba dengan sangat anggun menyanyikan lagu-lagu indah berbahasa Inggris dengan lidah Afrikanya.

“Selangkah Keseberang”, Lagu ini adalah karya dari Fariz RM. Awal pertemuan dengan Oom Fariz (begitulah kami biasa menyebut beliau) adalah ketika Oom Fariz mengundang White Shoes & The Couples Company untuk tampil bersama di konsernya di Rolling Stone Indonesia. Kami membawakan dua buah lagu ketika itu, dan salah satunya adalah lagu ini. Saya pikir orang sudah jarang membuat lagu seperti ini, isinya sarat keoptimisan dan mampu membangkitkan gairah pemuda untuk melangkah maju, paling tidak mampu membakar semangat saya. Jika memiliki dampak seperti ini pada saya , saya rasa tidak mustahil dampaknya juga kemungkinan sama kepada orang lain yang mendengarkannya.

“Vakansi”, Lagu ini diciptakan oleh Ricky Surya Virgana, Ricky selalu menyerahkan kepada saya sepenuhnya untuk penulisan lirik, karena melodinya sangat tropis dan sarat dengan nuansa tamasya dan berlibur, maka saya tulis liriknya mengenai itu. Teringat album-album kaset jazz combo dari Jack Lesmana yang biasa kita dengarkan dalam mini bus ketika White Shoes & The Couples Company berpergian keluar kota, salah satu pengisi gitar didalamnya adalah Oele Pattiselanno. Maka itu tercetuslah ide untuk berkolaborasi dengan beliau. Lagu ini menjadi sangat spesial karena rekamannya direkam secara live, dengan bantuan Riza Arshad sebagai sound engineer yang membuat lagu ini menjadi bernyawa, dan White Shoes & The Couples Company bermusik dengan arransemen pimpinan Oele Pattiselanno.

Sekian dulu dari saya, tolong sebarkan kabar berita ini ke handai taulan semua bahwa Album Vakansi akan segera rilis, dengan bahagia saya sampaikan.

Setulusnya,
Aprilia Apsari
(vokalis White Shoes & The Couples Company)

note:copy link mane tah,terlupa.

No comments: